logo

  • Dan di antara tanda-tanda (kebesaran) Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan agar kamu merasakan sebagian dari rahmat-Nya dan agar kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) agar kamu dapat mencari sebagian dari karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur. QS. 30:46

Menkumham Resmikan 25 Desa Sadar Hukum di Jawa Timur

Written by Admin Pamekasan on . Posted in Berita Jatim

  • desa sadar hukum

  • desa sadar hukum1
  • desa sadar hukum2
  • desa sadar hukum3

Surabaya – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin didampingi Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo meresmikan 25 desa dan kelurahan sadar hukum di Jatim.

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengatakan, kriteria untuk menjadi desa dan kelurahan yang sadar hukum, sangat banyak.

“Lebih sulit lagi untuk mempertahankan desa atau kelurahan sadar hukum mengingat setiap tahun akan ada evaluasi sejauh mana desa atau kelurahan tersebut dapat mempertahankan eksistensinya sebagai desa atau kelurahan sadar hukum,” katanya di Surabaya, Jumat (3/10).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menambahkan, program desa dan kelurahan sadar hukum merupakan program yang penting dalam menciptakan suasana tertib, aman, dan nyaman di masyarakat.

Pada masa lalu, hal tersebut dikenal dengan keluarga sadar hukum (kadarkum).

“Kini, program desa dan kelurahan sadar hukum lebih terintegrasi karena ada kegiatan yang sinergi dilakukan oleh pengadilan, hukum, jaksa, dan kepolisian,” ujarnya.

Sinergi tersebut diperoleh melalui forum Pengadilan Tinggi, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Tinggi, dan Kepolisian (Dilkumjakpol).

Sebanyak 25 desa dan kelurahan sadar hukum yang diresmikan, diantaranya Kelurahan Tambaksari Kota Surabaya, Kelurahan Wonokoyo Kota Malang, Kelurahan Josenan Kota Madiun, Kelurahan Rejomulyo Kota Kediri.

Selain itu, Desa Bajang Kabupaten Pamekasan, Kelurahan Kedunggaleng Kota Probolinggo, Desa Punten Kota Batu, Kelurahan Mangkujaya Kabupaten Magetan, Kelurahan Wlingi Kabupaten Blitar, dan Kelurahan Gunungsekar Kabupaten Sampang.

Sumber:Antara

Trackback from your site.

Leave a comment


8 × tiga =

Example

Menuju Masyarakat Sadar Hukum